Selamat Datang di Blog Pagaruyungtour...... Kami mengajak anda Menikmati Paket Wisata menusuri Sejarah, Budaya dan Keindahan Alam Minang Kabau....Pilih Paketnya sekarang juga!.....Get the unforgetable journey! Join us now!...Contact : +62 812 6618 717, +6285669056158 atau Email: pagaruyungtour@gmail.com

Kamis, 24 Maret 2011

Sekilas Tentang Tanah Datar

Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu dari 19 Kabupaten/ Kota di Sumatra Barat dengan ibu kotanya Batusangkar. Daerah yang berhawa sejuk ini terletak tepat di tengah – tengah Propinsi Sumatera Barat sehingga mudah dijangkau dari kota lain seperti Bukititnggi, Payakumbuh, Sawah Lunto, Sijunjung, Solok dan Padang Panjang dengan batas – batas  wilayah sebagai berikut:

Utara                : Kabupaten Agam dan Kabupaten Lima Puluh Kota
Selatan             : Kabupaten Solok dan Kota Sawah Lunto
Timur               : Kabupaten Sawah Lunto/ Sijunjung
Barat                : Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang Panjang

Tanah Datar merupakan daerah tujuan wisata di Propinsi Sumatera Barat karena memiliki potensi objek dan daya tarik wisata yang beraneka ragam. Tanah Datar memiliki wisata alam, wisata sejarah, wisata bahari, wisata budaya, atraksi seni tradisional dan daya tarik wisata lainnya yang jumlahnya sekitar 150 buah.

Disini masih ditemukan Atraksi tradisional yang merupaka tradisi anak nagari yang sangat spesifik yang masih dilestarikan antara lain berupa tari – tarian, lukah gilo, Alu Katentong, Pacu Jawi dan Pacu Kuda

Luhak Nan Tuo adalah nama lain dari Tanah Datar karena adanya suatu keyakinan bagi masyarakat Minang Kabau bahwa Tanah Datar merupakan daerah tempat asal usul orang Minang Kabau. Sebagai buktinya, ditemukan perkampungan tua yang disebut Nagari Tuo Pariangan yang berlokasi di Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan yang berjarak + 14 km dari kota Batusangkar. Dari sinilah kemudian orang Minangkabau berkembang dan berpindah ke daerah lain yakni Luhak 50 Kota dan Luhak Agam.

Selain itu di Tanah Datar banyak ditemukan peninggalan sejarah adat Minagkabau baik berupa benda maupun tatanan budaya adat. Masyarakat Tanah Datar dikenal kuat memegang ajaran adat Minangkabau dan agama islam yang dikenal dengan Sumpah Satie Marapalam yang berbunyi; ” Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”

Secara geografis wilayah Kabupaten Tanah Datar terletak ditengah – tengah propinsi Sumatra Barat, yaitu pada 17 LS – 29 LS dan 100 19 BT – 100 51 BT. Ketinggian rata-rata 400 sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

Kabupaten Tanah Datar terletak diantara dua gunung yaitu Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Daearah Kabupaten Tanah Dtar didominasi oleh daerah perbukitan serta memiliki dua pertiga bagian danau Singkarak.

Jarak tempuh Batusangkar dengan Kota lainnya:
* Padang – Batusangkar                                   = 97 km
* Padang Panjang – Batusangkar                      = 25 km
* Bukittinggi - Batusangkar                               = 40 km
* Solok – Batusangkar                         = 51 km
* Sijunjung – Batusangkar                                 = 40 km
* Sawah Lunto – Batusangkar              = 35 km
* Payakumbuh – Batusangkar                           = 30 km
* Pekan Baru – Batusangkar                             = 310 km
* Medan – Batusangkar                                    = 540 km
* Danau Maninjau – Batusangkar                      = 73 km



Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop