Selamat Datang di Blog Pagaruyungtour...... Kami mengajak anda Menikmati Paket Wisata menusuri Sejarah, Budaya dan Keindahan Alam Minang Kabau....Pilih Paketnya sekarang juga!.....Get the unforgetable journey! Join us now!...Contact : +62 812 6618 717, +6285669056158 atau Email: pagaruyungtour@gmail.com

Kamis, 24 Maret 2011

Pesona Wisata Tanah Datar

Istano Basa Pagaruyung1.     ISTANO BASA PAGARUYUNG                                
Istano Basa Pagaruyung terletak di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Tanah Datar, dengan jarak 5 kilometer dari Kota Batusangkar dan mudah dijangkau oleh sarana transportasi roda 2 dan roda 4.  Bangunan ini  terdiri dari 11 gonjong, 72 tonggak dan 3 lantai.  Objek wisata ini dilengkapi dengan surau, tabuah  Rangkiang Patah Sambilan, serta fisik bangunan Istano Basa Pagaruyung dilengkapi dengan beragam ukiran yang tiap-tiap bentuk dan warna ukiran  mempunyai falsafah, sejarah dan budaya Minangkabau.

2.     NAGARI TUO PARIANGAN
Secara historis Nagari Tuo Pariangan merupakan nagari/daerah asal muasal kehidupan nenek moyang  orang Minagkabau  yang berasal dari Gunung Merapi. Di kawasan Nagari Tuo Pariangan terdapat bukti-bukti sejarah : Kuburan Panjang, Masjid Tuo, Sawah Satampang Baniah, Batu Tigo Luhak, dan bukti sejarah lainnya serta objek wisata Air Panas.
Nagari Tuo Pariangan terletak antara Padang Panjang–Batusangkar, dari Kota Batusangkar + 14 Km.
           
    3.     PANORAMA TABEK PATAH
Panorama Alam yang indah dan sejuk, dikelilingi oleh perbukitan dan  hutan pinus.  Tabek Patah ini berasal dari kata tabek (kolam) yang patah menjadi dua bagian,   sebelah utara dinamakan dengan  “Talago Pakis” dan  sebelah selatan  dinamakan  dengan  “Aia Taganang”.  Objek wisata ini terletak di pinggir jalan raya Bukittinggi/Payakumbuh – Batusangkar, dalam Kecamatan Salimpaung. Jarak dari kota Batusangkar + 19 Km.
 
4.     PANORAMA PUNCAK PATO
Objek wisata ini bukti sejarah terjadinya kesepakatan antara kaum adat dan kaum agama yang dikenal dengan sejarah  “Sumpah Satie Bukik Marapalam”.   Kawasan ini juga merupakan benteng pertahanan  Perang Paderi, dengan cuacanya yang sejuk.    Terletak  + 17 km dari kota Batusangkar di Nagari Batubulek Kecamatan  Lintau Buo .

  5.    BUKIT SHADUALI INDAH

sebuah objek wisata alam berbentuk sebuah bukit yang menyerupai sebuah tower sehingga dapat melihat pemandangan ke seantero Kabupaten Tanah Datar (360 derajat).
BSI berlokasi di Jorong Panti dan Jorong  Pabalutan Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan. Hanya dengan waktu 10 menit dari Kota Batusangkar anda telah dapat menginjak kaki di BSI. BSI juga mudah dijangkau dari berbagai kota di Sumatera Barat, seperti dari Padang Panjang, Bukittinggi, Sijunjung, Sawahlunto, Payakumbuh dan Solok, yaitu antara 35 hingga 45 kilometer.

 6.  LEMBAH ANAI
Objek wisata cagar alam dengan udaranya yang sejuk dan indahnya keadaan alam ditambah derunya air terjun (aia mancua). Objek wisata ini terletak pada hutan lindung di pinggir jalan raya Padang – Bukittinggi /Batusangkar dan sangat mudah dijangkau, jarak dari Kota Batusangkar +  38 Km yang terletak di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto.


    BATU ANGKEK-ANGKEK
Berawal dari mimpi Dt.Bandaro Kayo salah seorang kepala kaum dari suku Piliang, ia didatangi oleh Syech Ahmad dan disuruh untuk mendirikan sebuah perkampungan  yang sekarang di kenal dengan nama  “Kampung Palagan”.   Pada saat pembangunan tonggak pertama terjadi gempa lokal dan hujan panas selama 14 hari 14 malam.  Karena terjadinya peristiwa tersebut diadakanlah musyarawah dan saat musyawarah berlangsung terdengar suara gaib yang berasal dari lobang pemancangan bangunan  bahwa di lokasi tersebut terdapat sebuah batu yang harus dirawat  dengan baik. Sekarang batu ini dikenal dengan batu  “Angkek – angkek”,   untuk mengetahui dapat/tidak tercapainya niat seseorang dapat dilihat dengan ter angkat atau tidaknya batu tersebut .
Objek wisata ini terletak di  Nagari Tanjung Kecamatan Sunggayang  + 11 km dari kotaBatusangkar

  7.     RUMAH ADAT KAMPAI NAN PANJANG
Bangunan ini merupakan rumah hunian yang berasitektur khas Minangkabau yang terdiri dari enam  buah biliak  (kamar) dengan bentuk pintu oval dengan ukuran kecil.  Rumah ini telah berumur + 350 tahun, dan keunikan lain bangunan ini di buat tanpa menggunakan paku besi, terletak  +  13 km  dari kota Batusangkar, di Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan

8.     BALAIRUNG SARI TABEK
Balairungsari Tabek bangunannya terbuat dari kayu dan atap ijuk yang dibangun oleh arsitektur Minangkabau Datuak Tantejo Gurhano sebagai tempat musyawarah adat dan sebagai bukti sejarah yang telah berumur 450 tahun.  Disamping Balairung Sari terdapat juga Medan Nan Bapaneh (tempat bersenda gurau masa dulunya)  dan bukti sejarah lainnya .
Objek wisata ini terletak antara Padang Panjang–Batusangkar,  dari Batusangkar + 14 Km di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan

     9.     BATU BATIKAM
Batu Batikam merupakan situs Medan Nan Bapaneh yang berfungsi sebagai tempat musyawarah pada masa lampau.   Pada bagian tengah Medan Nan Bapaneh terdapat Batu Batikam (Batu Berlobang)  dari batu andesit.
Konon batu ini berlubang karena ditikam oleh Datuak Parpatih Nan Sabatang sebagai tanda berakhirnya perselisihan dengan Datuak Katamanggungan menyangkut dengan pemakaian adat antara Koto Piliang dengan Bodi Chaniago
Objek wisata ini terletak di pinggir Jl.Raya Padang Panjang–Batusangkar jarak dari Kota Batusangkar + 5 Km, dalam Nagari Limo Kaum

10.  PRASASTI ADITYAWARMAN
Situs ini merupakan tempat dikumpulkanya prasasti – prasasti yang dikeluarkan Adityawarman yang dahulu ditemukan di sekitar Bukit Gombak.  Kumpulan prasasti tersebut ditulis dengan huruf Jawa Kuno dan Bahasa Sanskerta serta sedikit Bahasa Melayu Kuno.
Isi Prasasti tersebut berupa puji–pujian terhadap Raja Adityawarman.   Terletak +  4 km dari kota Batusangkar dan berada di pinggir jalan raya Batusangkar–Pagaruyung, dalam Nagari Pagaruyung Kecamatan tanjung Emas

  11. KUBURAN PANJANG DATUAK TANTEJO GURHANO
Kuburan ini merupakan makam Datuak Tantejo Gurhano yang  merupakan tokoh arsitek pembuatan Balairungsari – Tabek.   Kuburan ini sangat panjang  + 25,5  yang keunikannya  jika di ukur berkali – kali ukurannya berbeda- beda hingga di kenal dengan  “ Kuburan Panjang “.   Terletak   + 14 km dari kota Batusangkar di Nagari Pariangan Kec.Pariangan

    12.   GEDUNG INDO JOLITO
Sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dulunya didiami oleh Van der Cappelen.  Sekarang merupakan tempat dilaksanakannya acara-acara pemerintahan dan kemasyarakatan yang terletak di tengah-tengah Kota Batusangkar.

13.   BENTENG VAN DER CAPELLEN
Terletak dalam Kota Batusangkar yang dibangun pada tahun 1824  semasa Perang Paderi.  Di depannya terdapat 2 buah meriam kuno peninggalan Belanda.

       14. ISTANO SILINDUANG BULAN
Istano Silinduang Bulan merupakan pengganti Istana Raja Pagaruyung  terakhir yang terbakar pada tahun 1950-an.  Terletak di antara Batusangkar dan Pagaruyung,  yaitu sekitar 1 km dari Istano Basa Pagaruyung.

15. OLAH RAGA PARALAYANG DI PAYORAPUIH
Salah satu lokasi kegiatan wisata dirgantara yang cukup baik yang telah dilaksanakan  oleh penerjun – penerjun nasional dan international,  kerena satu–satunya memiliki angin timur.  Keindahan alam yang menakjubkan dengan hampran danau yang dikelilingi  oleh bukit  yang indah.
Berada di nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah, sekitar 32 Km dari Kota Batusangkar.


    16.  USTANO RAJO
Adalah komplek makam Raja-Raja Pagaruyung. Terletak 4 kilometer dari Batusangkar.  Selain terdapat 13 buah makam/kuburan dan tiga batang pohon beringin, juga terdapat   “Batu Kasur” , yaitu batu tempat ujian calon-calon Raja Pagaruyung. Terletak antara Batusangkar dan Pagaruyung, yaitu sekitar 3 km dari Kota Batusangkar.


17.   INDUSTRI KERAJINAN PANDAI SIKEK
Pandai Sikek terkenal dengan keindahan alamnya dan desa ini terkenal sebagai penghasil souvenir dan Cenderamata yang dikenal dengan   “Tenunan dan Ukiran Pandai Sikek “  .
Berada  Nagari Pandai Sikek  Kecamatan  X Koto, sekitar 40 Km dari Kota Batusangkar.
Pandai Sikek Village

18. TANJUNG MUTIARA
Tanjung Mutiara merupakan objek wisata bahari (Danau Singkarak) dan satu-satunya di Kabupaten Tanah Datar.  Objek wisata ini ramai dikunjugi oleh para wisatawan terutama pada hari libur dan ketika musim  “balimau”   akan memasuki bulan suci Ramadhan.
Dekat lokasi ini terdapat sarana akomodasi hotel berbintang satu yakni Singkarak Sumpur Hotel. Objek wisata ini terletak antara Solok–Padang Panjang.   Jarak dari Batusangkar +  30 km, berada di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan

 19.  PASAR SAYUR DAN BUAH ORGANIK
Adalah sebuah pasar sayur dan buah organik yang menjual sayur-sayuran dan buah-buahan segar yang siap dipetik dari kebun.  Uniknya sayur dan buah tersebut tidak menggunakan pupuk dari bahan kimia,  tetapi dari bahan alami (organik)  sehingga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.


20.        ATRAKSI WISATA DAN KESENIAN TRADISIONAL
            TOURIST ATTRACTION & TRADITIONAL ARTS

·        PACU JAWI
Adalah permainan anak nagari  di Tanah Datar yang dilaksanakan pada setiap selesai panen dan pada waktu akan menanam padi.  Pacu Jawi di Tanah Datar spesifik karena diadakan di dalam sawah dan penunggangnya ikut berlari bersama jawi-nya.  Pacu Jawi dilaksanakan di Kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Sungai Tarab.

    
    DABUIH DAN LUKAH GILO
Merupakan permainan anak nagari yang memperagakan dan menggunakan ilmu  kebatinan , dimana para penari sanggup menari-nari dengan mengunakan senjata tajam, api, kaca dan sebagainya yang diiringi bunyi talempong.

·        ALU KATENTONG
Atraksi ini menampilkan permainan alu (alat menumbuk padi) yang dipukulkan ke lesung dengan variasi pukulan ritmis sehingga menimbulkan irama yang teratur dan indah, permainan ini menggunakan 8 buah alu yang dimainkan oleh 8 orang wanita.



21.   MAKANAN TRADISIONAL
·        LAMANG TAPAI
Lamang Merupakan makanan khas tradisional Kabupaten Tanah Datar yang terbuat dari  ketan putih yang  dibakar dan disajikan lengkap dengan tapainya yang terbuat dari ketan hitam.

SARI KAYO
Sari kayo makanan yang  penyajiannya dicampur  dengan  ketan/lamang


·        DADIAH
Makanan yang berasal dari susu murni kerbau yang disimpan dalam tabung bambu, rasanya khas, enak dan gurih.


·        BIKA
Wisatawan yang berkunjung ke  Kecamatan  X Koto dapat mencicipi makanan teradisional ini  serta dapat langsung melihat sistim pembuatannya yang dipanggang di atas tungku ,  rasanya khas dan enak



4 komentar:

Anonim mengatakan...

nice posting.
kunjungi kami di wisata tour Bukittinggi-Batusangkar-Sawahlunto
terima kasih

Asril Ambo mengatakan...

Info yang menarik... Terima kasih...

Caro Awak mengatakan...

Kampuang Awak banah tuh sanak....

Tasly ICP mengatakan...

Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop